Pages

Sabtu, 19 November 2011

Forum Tanya Jawab 53: Dialog Filsafat

Assalamu'alaikum
Belajar filsafat merentang dalam dimensinya. Semua yang ada dan yang mungkin ada adalah objek pembicaraan dan pemikiran dalam filsafat. Semua yang ada dan yang mungkin ada tersebut terjalin dalam komunikasi untuk bisa mendapatkan suatu sintesis. Komunikasi yang terbangun itulah yang kita sebut dengan dialog, satu dan yang lainnya saling menterjemahkan dan diterjemahkan. Segala sesuatu akan jelas dan mempunyai dimensi serta kualitas yang lebih tinggi bila mampu dijelaskan dan menjelaskan.
Jika hal tersebut dikaitkan dengan kita sebagai guru maka kita tidak hanya sebatas sebagai penumpang kereta api tetapi kita pemantau yang mengetahui kondisi kereta apai tersebut. Guru harus mampu mengcover perbedaan karakteristik yang ada pada diri siswa sehingga strategi yang diambil dalam pembelajaran akan terasa menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Jika guru mampu melakukan dialog filsafat dengan siswa maka dia bisa menempatkan siswa sesuai dengan ruang dan waktunya.
Dengan berfilsafat, pikiran saya menjadi terbuka dan terus berharap bahwa akan menjadi seseorang yang lebih bijak. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sabtu, 19 November 2011

Forum Tanya Jawab 53: Dialog Filsafat

Assalamu'alaikum
Belajar filsafat merentang dalam dimensinya. Semua yang ada dan yang mungkin ada adalah objek pembicaraan dan pemikiran dalam filsafat. Semua yang ada dan yang mungkin ada tersebut terjalin dalam komunikasi untuk bisa mendapatkan suatu sintesis. Komunikasi yang terbangun itulah yang kita sebut dengan dialog, satu dan yang lainnya saling menterjemahkan dan diterjemahkan. Segala sesuatu akan jelas dan mempunyai dimensi serta kualitas yang lebih tinggi bila mampu dijelaskan dan menjelaskan.
Jika hal tersebut dikaitkan dengan kita sebagai guru maka kita tidak hanya sebatas sebagai penumpang kereta api tetapi kita pemantau yang mengetahui kondisi kereta apai tersebut. Guru harus mampu mengcover perbedaan karakteristik yang ada pada diri siswa sehingga strategi yang diambil dalam pembelajaran akan terasa menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Jika guru mampu melakukan dialog filsafat dengan siswa maka dia bisa menempatkan siswa sesuai dengan ruang dan waktunya.
Dengan berfilsafat, pikiran saya menjadi terbuka dan terus berharap bahwa akan menjadi seseorang yang lebih bijak. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar