Pages

Kamis, 03 November 2011

Forum Tanya Jawab 47: Surat Pembaca

Assalamu'alaikum,
Saya hanya ingin menyampaikan sedikit pendapat saya yang mungkin masih sangat terbatas. Menanggapi pertanyaan Ibu Dita, menurut saya
1.Untuk anak yang mempunyai kemampuan matematika rendah di kelas (lower), sebaiknya tidak dikelompokkan sendiri, karena secara psikologis itu akan mengganggu. Sebagai seorang guru memang sangatlah susah bila kita menyampaikan sesuatu sedangkan kemampuan anak ada yang rendah sehingga kita sering mengeluh bahwa anak tersebut menjadi penghambat. Menurut saya dengan dicampur dalam satu kelas maka akan memberi kesempatan mereka untuk belajar dari teman-teman yang mempunyai kemampuan lebih. Mereka juga bisa lebih sosial dan banyak yang akan di dapatkan dibanding mereka dalam satu kelas hanya terdiri dari siswa dengan kemampuan rendah semua. Antisipasi yang harus dilakukan guru adalah dengan memberi tambahan penjelasan dan waktu khusus untuk anak-anak yang kurang tersebut di luar jam pelajaran. Selama waktu itu guru harus bisa mensetting kondisi yang akan membuat anak-anak yang kurang tersebut tertarik dan lebih mendalami pelajaran yang tdai sudah dilaksanakan.

2.Dalam tehnik penilaian matematika, sebaiknya tetap digunakan skala 0-100 karena setiap rincian kemampuan akan dapat terlihat, kalau hanya 5 skala saja menurut saya akan kurang membaca kedetailan keberhasilan siswa.

3.Alokasi waktu dalam KBM di sekolah sebesar 100 menit menurut saya sudah cukup. Waktu yang ada selama 100 menit itu bagaimana kemampuan guru memenej dengan baik untuk keberhasilan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa.

4.Pada kelas 1-3 tidaklah masalah jika siswa masih menggunakan kisaran angka atau bilangan yang nilainya kecil, karena untuk memperkuat konsep dan kedalaman pemahaman siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 03 November 2011

Forum Tanya Jawab 47: Surat Pembaca

Assalamu'alaikum,
Saya hanya ingin menyampaikan sedikit pendapat saya yang mungkin masih sangat terbatas. Menanggapi pertanyaan Ibu Dita, menurut saya
1.Untuk anak yang mempunyai kemampuan matematika rendah di kelas (lower), sebaiknya tidak dikelompokkan sendiri, karena secara psikologis itu akan mengganggu. Sebagai seorang guru memang sangatlah susah bila kita menyampaikan sesuatu sedangkan kemampuan anak ada yang rendah sehingga kita sering mengeluh bahwa anak tersebut menjadi penghambat. Menurut saya dengan dicampur dalam satu kelas maka akan memberi kesempatan mereka untuk belajar dari teman-teman yang mempunyai kemampuan lebih. Mereka juga bisa lebih sosial dan banyak yang akan di dapatkan dibanding mereka dalam satu kelas hanya terdiri dari siswa dengan kemampuan rendah semua. Antisipasi yang harus dilakukan guru adalah dengan memberi tambahan penjelasan dan waktu khusus untuk anak-anak yang kurang tersebut di luar jam pelajaran. Selama waktu itu guru harus bisa mensetting kondisi yang akan membuat anak-anak yang kurang tersebut tertarik dan lebih mendalami pelajaran yang tdai sudah dilaksanakan.

2.Dalam tehnik penilaian matematika, sebaiknya tetap digunakan skala 0-100 karena setiap rincian kemampuan akan dapat terlihat, kalau hanya 5 skala saja menurut saya akan kurang membaca kedetailan keberhasilan siswa.

3.Alokasi waktu dalam KBM di sekolah sebesar 100 menit menurut saya sudah cukup. Waktu yang ada selama 100 menit itu bagaimana kemampuan guru memenej dengan baik untuk keberhasilan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa.

4.Pada kelas 1-3 tidaklah masalah jika siswa masih menggunakan kisaran angka atau bilangan yang nilainya kecil, karena untuk memperkuat konsep dan kedalaman pemahaman siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar