Pages

Rabu, 14 Desember 2011

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?

Melalui tulisan dalam posting tersebut saya menjadi mengintrospeksi diri saya pribadi bahwa saya seharusnya melakukan tindakan penelitian tersebut. Penelitian masih dianggap sulit oleh sebagian besar orang karena banyak yang harus dipersipkan dan menganalisa hasil dari penelitian kita. Padahal melalui pembelajaran yang kita lakukan setiap hari sebenarnya dapat kita setting menjadi suatu penelitian yang dimulai dari sesuatuyang sederhana. Pentingnya penelitian ini dilakukan oleh para guru karena kita tahu bahwa banyak ahli berpendapat bahwa tidak ada metode atau model pembelajaran yang tepat/cocok diterapkan dalam semua topik pembelajaran serta situasi dan kondisi yang berbeda. Oleh karena guru harus mampu mengambil peran dengan menerapkan suatu metode/model pembelajaran yang sesuai dengan topik dan kondisi siswa. Dari hal tersebut guru harus mampu melakukan analisa sederhana untuk bertindak sebagai peneliti yang mencobakan atau memadukan suatu metode atau model pembelajaran dengan beberapa kondisi yang berbeda. Dengan analisa tersebut guru akan menguasai pengelolaan kelas yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Semoga hal ini dapat kita lakukan sedikit demi sedikit agar kualitas pembelajaran semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 14 Desember 2011

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?

Melalui tulisan dalam posting tersebut saya menjadi mengintrospeksi diri saya pribadi bahwa saya seharusnya melakukan tindakan penelitian tersebut. Penelitian masih dianggap sulit oleh sebagian besar orang karena banyak yang harus dipersipkan dan menganalisa hasil dari penelitian kita. Padahal melalui pembelajaran yang kita lakukan setiap hari sebenarnya dapat kita setting menjadi suatu penelitian yang dimulai dari sesuatuyang sederhana. Pentingnya penelitian ini dilakukan oleh para guru karena kita tahu bahwa banyak ahli berpendapat bahwa tidak ada metode atau model pembelajaran yang tepat/cocok diterapkan dalam semua topik pembelajaran serta situasi dan kondisi yang berbeda. Oleh karena guru harus mampu mengambil peran dengan menerapkan suatu metode/model pembelajaran yang sesuai dengan topik dan kondisi siswa. Dari hal tersebut guru harus mampu melakukan analisa sederhana untuk bertindak sebagai peneliti yang mencobakan atau memadukan suatu metode atau model pembelajaran dengan beberapa kondisi yang berbeda. Dengan analisa tersebut guru akan menguasai pengelolaan kelas yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Semoga hal ini dapat kita lakukan sedikit demi sedikit agar kualitas pembelajaran semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar