Pages

Rabu, 14 Desember 2011

Elegi Guru Menggapai Perubahan

Seperti yang telah disampaikan dalam posting tersebut bahwa perubahan ada tingkatannya masing-masing tergantung seberapa besar dan substansial perubahan itu terjadi.

Yang secara alamiah tanpa kita sadari adalah perubahan fisiologi mulai dari struktur kandungan sel darah merah, tekanan darah, perubahan nolekul penyusun tubuh, warna kulit, dan masih banyak lagi perubahan yang terjadi pada diri kita setiap detik. Perubahan yang sengaja ingin kita rencanakan adalah perubahan yang memang kita tujukan pada suatu kebutuhan tertentu, tujuan, makna, kebermanfaat bagi diri sendiri, orang lain ,masyarakat, bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akherat.

Dalam hal melakukan perubahan, tingkat yang paling tinggi adalah ketercapaian apa yang kita lakukan untuk kebermanfaatan umat manusia baik di dunia maupun di akherat. Begitu pula seorang guru, yang selalu menjadi sorotan bagi peserta didiknya, maka harus berusaha untuk senantiasa meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang gutu terutama dalam hal mengajar.

Guru yang berniat untuk melakukan perubahan yang positif dalam inovasi mengajarnya maka dia harus berupaya untuk memenuhi bebrapa syarat agar mencapai perubahan yang inovatif tersebut. Ada beberapa yang telah disebutkan dalam tulisan bahwa guru harus mengenali factor pendukung pendidikan yang ada di sekolah itu, guru harus memperkaya sumber freferensi dan bacaan, guru harus mampu mempelajari permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kelas dan melihat bagaimana penanganan atau solusi yang harus dilakukan. Guru harus mampu mengembangkan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Dan guru harus menganggap bahwa kegiatan mengajarnya di kelas adalah dalam upaya melakukan penelitian terhapa masalah-masalah yang terjadi di kelas dan menemukan solusi yang tepat dari penelitiannya tersebut sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 14 Desember 2011

Elegi Guru Menggapai Perubahan

Seperti yang telah disampaikan dalam posting tersebut bahwa perubahan ada tingkatannya masing-masing tergantung seberapa besar dan substansial perubahan itu terjadi.

Yang secara alamiah tanpa kita sadari adalah perubahan fisiologi mulai dari struktur kandungan sel darah merah, tekanan darah, perubahan nolekul penyusun tubuh, warna kulit, dan masih banyak lagi perubahan yang terjadi pada diri kita setiap detik. Perubahan yang sengaja ingin kita rencanakan adalah perubahan yang memang kita tujukan pada suatu kebutuhan tertentu, tujuan, makna, kebermanfaat bagi diri sendiri, orang lain ,masyarakat, bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akherat.

Dalam hal melakukan perubahan, tingkat yang paling tinggi adalah ketercapaian apa yang kita lakukan untuk kebermanfaatan umat manusia baik di dunia maupun di akherat. Begitu pula seorang guru, yang selalu menjadi sorotan bagi peserta didiknya, maka harus berusaha untuk senantiasa meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang gutu terutama dalam hal mengajar.

Guru yang berniat untuk melakukan perubahan yang positif dalam inovasi mengajarnya maka dia harus berupaya untuk memenuhi bebrapa syarat agar mencapai perubahan yang inovatif tersebut. Ada beberapa yang telah disebutkan dalam tulisan bahwa guru harus mengenali factor pendukung pendidikan yang ada di sekolah itu, guru harus memperkaya sumber freferensi dan bacaan, guru harus mampu mempelajari permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kelas dan melihat bagaimana penanganan atau solusi yang harus dilakukan. Guru harus mampu mengembangkan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Dan guru harus menganggap bahwa kegiatan mengajarnya di kelas adalah dalam upaya melakukan penelitian terhapa masalah-masalah yang terjadi di kelas dan menemukan solusi yang tepat dari penelitiannya tersebut sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar