Pages

Rabu, 28 September 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)

Seorang yang berilmu harus sadar dan memahami ilmunya sehingga adab mempelajari matematika akan sangat menentukan keberhasilann bagi individu tersebut. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini bahwa baik guru maupun siswa kurang memahami adab mempelajari matematika yaitu dengan dibuktikan saat menjelang dan pelaksanaan Ujian Akhir Nasional.
Siswa memang dituntut untuk mencapai hasil atau target yang sesuai dengan ketentuan pemerintah, tetapi semua itu dapat diantisipasi oleh guru agar siswa mampu beradab dalam mempelajari, mempersiapkan materi matematika untuk ujian akhir nasional.
Yang perlu dilakukan guru adalah berusaha memberikan konsep dan implementasi langsung dilapangan dalam mengajarkan matematika. Dengan kekuatan konsep dan kekayaan sumber belajar baik dari buku, internet, diskusi antar siswa dan pengalaman langsung dilapangan akan menambah kecintaan siswa dalam mempelajari matematika. Guru harus berusaha memberikan konsep dan berbagai permasalahan sehingga siswa akan semakin tertangtang untuk menggali pengalaman belajar untuk menyelesaikan masalah.Dengan begitu intuisi matematika akan mulai terbentuk dalam pikiran siswa. Motivasi, keterampilan dan kreativitas siswa dalam mempelajari matematika akan terbangun dengan support dan guide dari guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 28 September 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)

Seorang yang berilmu harus sadar dan memahami ilmunya sehingga adab mempelajari matematika akan sangat menentukan keberhasilann bagi individu tersebut. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini bahwa baik guru maupun siswa kurang memahami adab mempelajari matematika yaitu dengan dibuktikan saat menjelang dan pelaksanaan Ujian Akhir Nasional.
Siswa memang dituntut untuk mencapai hasil atau target yang sesuai dengan ketentuan pemerintah, tetapi semua itu dapat diantisipasi oleh guru agar siswa mampu beradab dalam mempelajari, mempersiapkan materi matematika untuk ujian akhir nasional.
Yang perlu dilakukan guru adalah berusaha memberikan konsep dan implementasi langsung dilapangan dalam mengajarkan matematika. Dengan kekuatan konsep dan kekayaan sumber belajar baik dari buku, internet, diskusi antar siswa dan pengalaman langsung dilapangan akan menambah kecintaan siswa dalam mempelajari matematika. Guru harus berusaha memberikan konsep dan berbagai permasalahan sehingga siswa akan semakin tertangtang untuk menggali pengalaman belajar untuk menyelesaikan masalah.Dengan begitu intuisi matematika akan mulai terbentuk dalam pikiran siswa. Motivasi, keterampilan dan kreativitas siswa dalam mempelajari matematika akan terbangun dengan support dan guide dari guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar