Saya setuju bahwa hakekat matematika adalah 4 unsur yang seperti yang disebutkan oleh Ebbut dan Striker. Tapi hakekat saja tidak cukup untuk mencapai tujuan dari pembelajaran matematika sekolah. Semua hakekat tersebut telah ada dan tertuang dalam perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan RPP, yang didalamnya sudah terdapat metode apa yang digunakan dalma pembelajaran sehingga matematika akan dirasa sebagai pelajaran yang bisa dikomunikasikan.
Dalam RPP juga sudah dicantumkan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran baik problem solving, inquiry ataupun discovery yang akan membantu dan membimbing siswa mencapai tingkat penyelesaian masalah dan penemuan suatu konsep matematika berdasarkan pengalaman sendiri.
dan yang perlu ditingkatkan dari pembelajaran matematika adalah praktek langsung atau eksekusi semua rencana tersebut dalam proses belajar mengajar di kelas. Itu yang mungkin dirasa kurang dan kadang tindakan di kelas tidak sesuai target besar yang ada di perangkat pembelajaran.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Rabu, 28 September 2011
Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics
Saya setuju bahwa hakekat matematika adalah 4 unsur yang seperti yang disebutkan oleh Ebbut dan Striker. Tapi hakekat saja tidak cukup untuk mencapai tujuan dari pembelajaran matematika sekolah. Semua hakekat tersebut telah ada dan tertuang dalam perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan RPP, yang didalamnya sudah terdapat metode apa yang digunakan dalma pembelajaran sehingga matematika akan dirasa sebagai pelajaran yang bisa dikomunikasikan.
Dalam RPP juga sudah dicantumkan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran baik problem solving, inquiry ataupun discovery yang akan membantu dan membimbing siswa mencapai tingkat penyelesaian masalah dan penemuan suatu konsep matematika berdasarkan pengalaman sendiri.
dan yang perlu ditingkatkan dari pembelajaran matematika adalah praktek langsung atau eksekusi semua rencana tersebut dalam proses belajar mengajar di kelas. Itu yang mungkin dirasa kurang dan kadang tindakan di kelas tidak sesuai target besar yang ada di perangkat pembelajaran.
Dalam RPP juga sudah dicantumkan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran baik problem solving, inquiry ataupun discovery yang akan membantu dan membimbing siswa mencapai tingkat penyelesaian masalah dan penemuan suatu konsep matematika berdasarkan pengalaman sendiri.
dan yang perlu ditingkatkan dari pembelajaran matematika adalah praktek langsung atau eksekusi semua rencana tersebut dalam proses belajar mengajar di kelas. Itu yang mungkin dirasa kurang dan kadang tindakan di kelas tidak sesuai target besar yang ada di perangkat pembelajaran.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar